Header Ads

Firefox Tune-Up untuk Mengurangi Penggunaan Memori di Komputer.


Apakah Anda bosan selama beberapa saat surfing menggunakan firefox di komputer Anda tiba-tiba lambat atau hang. Bila Anda membuka situs yang ada di firefox, tiba-tiba mouse Anda menjadi sulit bergerak. Hal ini mungkin akan membuat Anda stres. Mengapa hal ini bisa terjadi? Salah satu akar penyebab firefox itu sendiri. meskipun Populer browser Firefox tidak ringan. Browser ini berlebihan, karena banyak sumber daya komputer dipakai unuk finishing. Apakah untuk pertama kalinya, browser ini (versi 2) menghabiskan memori minimal 10 mega di Linux, dan 20 mega memori di Windows. Untuk firefox 3 lebih kecil menggunakan sumber daya.
Semakin banyak tab terbuka / situs web maka semakin besar memori yang digunakan jadi dan semakin keras CPU Anda bekerja. Tapi dengan sedikit tune-up Anda dapat meningkatkan kinerja dari Firefox. Harap ikuti langkah – lakukan langkah berikut ini.
Buka firefox. Untuk firefox config di address bar ketik about:config
1. Batasi Kapasitas Cache Memori
Setiap kali Anda membuka sebuah halaman situs Web, firefox otomatis disalin di dalam cache memori. Secara default Firefox menggunakan jumlah maksimal sama dengan RAM yang Anda miliki. Itu sebabnya lebih banyak dan lebih terbuka isi web, memori komputer Anda semakin habis. Untuk membatasinya tambahkan opsi: browser.cache.memory.capacity.
Caranya :
  • Klik kanan di Windows Firefox, New>integer. Ketik “browser.cache.memory.capacity” tanpa tanda petik kemudian Tekan Enter,
  • Masukkan ke nilai 2048. 2048 di sini berarti menggunakan cache memori maksimal hanya 2 Mb.
2. Batas Kapasitas cache Hystory
Sama seperti cache memori, hanya bedanya peruntukan cache disini oleh Firefox untuk mempercepat loading halaman, saat Anda menekan tombol back dan forward pada browser. Jika Anda jarang memakai back dan forward, ada baiknya Anda set dengan nilai kecil untuk menghemat memori.
Cari “browser.sessionhistory.max_total_viewers“, kemudian klik 2x gubah nilainya dari -1 menjadi 3.
3. Batas Kapasitas Disk Cache
Secara default Mozilla mengatur cache disk sebesar 50 Mb. Tentunya ini pemborosan memori. Set menjadi 2 MB dapat memberikan performa yang baik khusus untuk komputer dengan memori dibawah 128 MB.
Cari setting “browser.cache.disk.capacity“, kemudian klik 2x lalu ubah nilainya dari 50000 menjadi 2000.
4. Disable extension/add-ons yang tidak dibutuhkan
Semakin banyak add-ons yang Anda gunakan, iklan untuk sumber daya memori digunakan. Nonaktifkan Add-ons Anda yang tidak digunakan.
5. Disable Flash animation
Flash animasi saat membuka web, menggunakan sumber daya RAM sangat besar. Konsekuensinya adalah waktu loading menjadi berat dan lambat. Ada baiknya Anda menonaktifkan animasi flash.
Download dan instal addon Flashblock di sini
6. Disable download history
Anda lebih baik menonaktifkan fitur Hystory ini. Karena semakin banyak menyimpan history download, maka akan menurunkan performa Firefox.
Caranya: Pilih menu Tools> Options> Privacy. Kemudian hapus centang pada “IRemember what I’ve downloaded“.
Sumber : Dunia Komputer

Tidak ada komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.