Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 8, 2012

Doa Seorang Ayah, Douglas Mc Arthur

Tuhanku, Bentuklah putraku, menjadi manusia yang cukup kuat Untuk menyadari manakala ia lemah Dan cukup berani untuk menghadapi dirinya sendiri manakala ia takut Manusia yang merasa bangga dan teguh dalam kekalahan, Rendah serta jujur dalam kemenangan Bentuklah putraku, menjadi manusia yang kuat dan mengerti Bahwa mengetahui dan kenal akan dirinya sendiri Adalah dasar dari ilmu pengetahuan Tuhanku, Janganlah putraku Kau bimbing di atas jalan yang mudah dan nyaman Tapi bimbinglah ia di bawah tempaan dan Desak kesulitan tantangan hidup Bimbinglah putraku agar tegak di tengah badai Dan berbelas kasihan pada mereka yang jatuh Bentuklah putraku, menjadi manusia yang berhati bening, Dengan cita meninggi langit Manusia yang sanggup memimpin dirinya sendiri Sebelum ia berhasrat memimpin orang lain Manusia yang menggapai kegemilangan hari depan Tanpa melupakan masa lampau Dan setelah semua menjadi miliknya, Lengkapilah ia dengan rasa humor, Agar ia besungguh-sungguh tanpa menganggap diriny…

TEORI BERPIKIR DAN PEMECAHAN MASALAH

Oleh, Irsyad Das, M.Pd., Kons. Ada tiga pendekatan teoritis yang digunakan dalam kajian tentang berpikir dan pemecahan masalah. Pertama adalah Teori Stimulus-Respon, yang berdasarkan pada konsep bahwa berpikir adalah proses asosiatif. Kedua, teori yang berakar pada psikologi Gestalt yang menekankan pada pentingnya “pola keseluruhan” daripada “bagian-bagian terpisah” serta insight. Ketiga, teori yang memakai konsep pemrosesan informasi dengan program komputer dalam mengkaji berpikir dan pemecahan masalah.
Teori Stimulus-Respon Konsepsi stimulus-respon memandang bahwa berpikir didasarkan atas proses asosiatif.  Berpkir dipandang sebagai tingkah laku trial-and-error yang tidak tampak, sama seperti tingkah laku trial-and-error yang tampak dalam menghadapi berbagai situasi belajar. Individu yang belajar melakukan kegiatan melalui proses trial-and-error dalam rangka memilih respon yang tepat bagi stumulus tertentu.
Dalam menghadapi situasi bermasalah, seseorang menggunakan kebiasaan-kebiasaa…