Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 24, 2013

Semesta mendingin seperti diramal teori Dentuman Besar

Gambar
Kamis, 24 Januari 2013 12:24 WIB 
Jakarta (ANTARA News) - Dengan menggunakan teleskop radio CSIRO di Australia untuk mencatat temperatur Alam Semesta, para astronom mendapati fakta bahwa Alam Semesta ternyata telah mendingin sebagaimana diramalkan teori Dentuman Besar.
Tim ilmuwan dari Swedia, Perancis, Jerman dan Australia berhasil mengukur suhu Semesta yang turun sampai setengah dari usia Semesta.
"Ini adalah pengukuran paling teliti yang pernah dibuat mengenai bagaimana Semesta telah mendingin selama 13,77 miliar tahun usianya," kata Dr Robert Braun, Kepala Ilmuwan pada CSIRO Astronomy and Space Science, seperti dikutip Science Daily dotcom.
Megingat cahaya memerlukan waktu untuk melintas, maka ketika manusia melihat ke angkasa maka apa yang dilihatnya adalah Semesta di masa lalu. 
Oleh karena itu, untuk melihat kembali separuh jalan dari sejarah Semesta, maka manusia perlu melihat separuh perjalanan Semesta.
Lantas, bagaiman suhu Semesta bisa diukur dalam …

Siswa Indonesia Ikut Olimpiade Bahasa Jerman

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebanyak 63 siswa sekolah menengah dari 25 provinsi di Indonesia lolos ke babak final Olimpiade Bahasa Jerman Nasional yang bakal digelar di Jakarta pada 29-30 Januari mendatang.
Program tahunan Goethe-Institut Indonesien ini terselenggara bekerjasama dengan Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jerman, serta didukung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan Bahasa dan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman.
Peserta yang lolos ke babak final diseleksi dari 400 siswa. Mereka akan diuji kemampuan berbahasa Jerman sehari-hari secara tertulis dan berbicara, seperti memahami acara di radio, melakukan percakapan mengenai minat dan hobi, memahami informasi dari sebuah surat atau artikel surat kabar atau menulis pesan.
Nila Suri dari Goethe-Institut Indonesien di Jakarta, Kamis (24/1/2013), mengatakan, pemenang mendapat hadiah program kunjungan ke Jerman yang diberikan Dinas Pertukaran Pendidikan.
Puncak olimp…

Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry dalam Belajar Sains terhadap Motivasi Belajar Siswa

Oleh: Joko Sutrisno, S.Si., M.Pd.
Abstract

Inquiry-Based Learning is a common method in teaching science that often associated with the active nature of student involvement, investigation and the scientific method, critical thinking, hands-on learning, and experiential learning. It will be studied in this paper whether or not the method of inquiry-based learning influences the student motivation to learn. Using some theories of motivation, it was found that inquiry method positively influences the learning motivation of students. This positive influence occurs when the learning through inquiry method is conducted in appropriated conditions, for example the questions that teachers provide have to produce arousal and student curiosity.

I. Pendahuluan

Latar Belakang Masalah

Salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di sekolah adalah motivasi belajar. Motivasi belajar yang tinggi berkorelasi dengan hasil belajar yang baik, sehingga berbagai upaya dilakukan un…

[Unduh] Perangkat Pembelajaran SD/MI/SLB